Saat Tua Tengganai dan Para Depati Kerinci Turun Gunung Perjuangkan Haris-Sani
Saat Tua Tengganai dan Para Depati Kerinci Turun Gunung Perjuangkan Haris-Sani

Saat Tua Tengganai dan Para Depati Kerinci Turun Gunung Perjuangkan Haris-Sani

 

Kilasharian. Com, Jambi – Sakti Alam Kerinci, adalah nama panggilan terhormat untuk daerah terujung di Provinsi Jambi ini. Adatnya yang kental bersendi kitabullah, menjadikan Kerinci sebagai salah satu tolok ukur kerukunan budaya di Jambi. Sebagai daerah tua, Kerinci juga dipercaya punya “tuah” yang mulia.

Untuk diketahui, tua tengganai atau depati-depati di Kerinci, menjadi pemutus penyincang habis keputusan-keputusan adat di daerah pegunungan bercuaca dingin ini. Tak mudah menjadi kepala daerah di wilayah ini. Perlu mendapat restu, dukungan dan tuah para tengganai. Setelah semua terpenuhi, didukung masyarakat, akhirnya seseorang bisa menjadi Bupati di Kerinci yang spesial ini.

Menariknya, Bupati Kerinci dua generasi, mendukung penuh Al Haris dan Abdullah Sani sang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi nomor urut 3 ini.

Adalah Murasman, Bupati Kerinci periode 2004-2009, memantapkan diri untuk mendukung penuh Al Haris, Bupati Merangin 2 periode ini sebagai calon kuat Gubernur Jambi 2020-2024. Tak tanggung-tanggung, Murasman mengutus anaknya, Monadi, untuk langsung menjadi penyambung tangan ke masyarakat Kerinci dan para tua tengganai

Sejak mendapat mandat dari ayahnya, Monadi, sebagai Koordinator Kabupaten Tim Pemenangan Haris-Sani, turun gunung mensosialisasikan bahkan mendampingi Al Haris selama kunjungannya di Kerinci. 

Monadi pula yang mengantar Al Haris menemui para depati dan tua-tua tengganai yang tinggi tuah di Kerinci, sehingga kunjungan Al Haris di Kerinci beberapa waktu lalu, langsung mendapat respon positif dari masyarakat

“Alhamdulillah Wo Haris dapat diterima masyarakat. Dan Insya Allah 9 Desember nanti memilih Al Haris-Abdullah Sani untuk Gubernur-Wakil Gubernur Jambi,” tegas Monadi, kepada media, saat kunjungi Al Haris di Kerinci beberapa hari lalu.

Monadi juga menjelaskan bahwa tim keluarga sudah dibentuk dari kabupaten, kecamatan hingga tingkat desa.

“Semoga Al Haris dipercaya masyarakat memimpin Provinsi Jambi. Apalagi program-programnya jelas dan terukur. Kita akan berjuang seiring perjuangan rakyat Jambi,” papar Monadi, lagi.

Selain Murasman dan anaknya, Monadi, Al Haris juga didukung Adirozal, Bupati Kerinci periode 2014–2019 dan 2019–2024.

Bahkan, sebelum mendaftar ke KPU Jambi sebagai kandidat Pilgub Jambi, Al Haris, Adirozal  bersama 3 bupati lain : Romi Haryanto (Bupati Tanjung Jabung Timur), Masnah (Bupati Muaro Jambi) dan Mashuri (Bupati Bungo), menyatakan dukungan penuh kepada Al Haris, Bupati Merangin yang juga Si Anak Emak ini.

“Alhamdulillah, dari hari ke hari, kepercayaan masyarakat kepada kami (Haris-Sani, red) semakin mantap. Doakan semoga Jambi dan rakyatnya diberi yang terbaik oleh Allah SWT,” ujar Al Haris, mantan penjual koran ini, beberapa waktu lalu.(*)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.