Ini yang Harus di benahi pasma 3D desa seleman untuk kedepannya
Ini yang Harus di benahi pasma 3D desa seleman untuk kedepannya

Ini yang Harus di benahi pasma 3D desa seleman untuk kedepannya


Kilasharian. Com, Malaysia - Beberapa waktu lalu warga Desa seleman yang berada di malaysia resmi membentuk sebuah organisasi kemasyarakatan Yang di beri nama pasma 3D bertujuan untuk membantu masyarakat khususnya warga 3 desa seleman di malaysia.

Organisasi yang di kelola oleh anak asli desa seleman ini sukses menuai pujian kerna mampu mengumpul beberapa tokoh masyarakat yang di segani untuk ikut berpartisipasi Dalam organisasi kemasyarakatan ini, bukan sekedar itu warga seleman yang telah berstatus penduduk tetap di malaysia juga begitu bersemangat untuk membantu pasma 3D Agar tetap di jalur yang benar.

Tetapi ibarat memetik buah kelapa sebelum dapat memetik buahnya terlebih dahulu harus merasa sengat semut semut yang sentiasa ada, selain itu juga batang kelapa yang licin juga bakal menjadi penentu keberhasilan dan hasil akhir dari sebuah usaha.

Di awal pembentukan pasma 3D sehingga hari ini sering kali kita melihat kritikan keras ditujukan kepada admin pasma di media sosial facebook contohnya.

Sebagai salah seorang masyarakat desa seleman penulis juga berharap agar segenap admin pasma 3D segera berbenah agar organisasi masyarakat ini berhasil menyatukan seluruh warga 3 desa dari segenap usia, jangan sampai kita berpecah belah kerna berbeda pendapat.

Menurut pandangan penulis sendiri ada beberapa perkara yang harus di perbaiki pasma 3D agar mendapat dukungan masyarakat 3 desa.

1 - Pusat informasi.

Seperti yang kita tau pasma 3D mempunyai beberapa platform media sosial yang dijadikan tempat menyebar informasi whatsapp group dan juga facebook group

Menurut penulis secara pribadi facebook group dan whatsapp group bukanlah solusi yang tepat untuk memberi informasi kepada masyarakat kerna kita sedia maklum di dalam sebuah group itu ada ratusan orang yang komentar itu belum lagi adminnya sendiri menyebar video smule dan photo selfie di dalam group, ibarat semangkuk besar rujak untuk mencari sepotong nenas dalam mangkuk yang besar kita harus menggali sehingga ke dasar kadang kadang tidak ketemu juga.

Kerna kesalahan informasi seringkali kita melihat warga protes kepada admin dan juga sering kali perdebatan terjadi akibat kesalahan informasi yang di terima.

Sebagai Solusi penulis menyarankan pasma 3D menggunakan facebook fans page. Kelebihan facebook pages seperti berikut.

A - informasi yang di update tidak bercampur dengan komentar (tidak merujak)

B - Ada halaman pengelola

C - ada fitur lihat dulu

Banyak lagi fitur canggih di facebook page yang tidak terdapat di facebook group maupun whatsapp group.

2 - Admin harus profesional

Beberapa admin pasma (bukan semua) terlihat hanya seperti asal ada saja, tidak profesional dan juga lebay kenapa saya menulis seperti itu? Ini alasannya.

Asal ada saja tidak profesional. Ada beberapa orang warga bertanya sesuatu di group facebook pasma dan jawaban yang di berikan oleh beberapa orang admin tidak nyambung sama sekali untung ada admin atas nama facebook asiyah maisara yang mampu memberikan penjelasan yang tepat.

Lebay. Maaf maaf maaf ayo lihat di group pasma lebih banyak informasi atau video serta photo selfie.

3 - Rangkul orang muda & kukuhkan money management (MM)

Melibatkan pemuda pemudi dalam sebuah organisasi amatlah penting selain mampu memberi ide baru mereka jugalah yang akan menjadi tulang punggung organisasi untuk beberapa tahun kedepan.

Money management (MM) atau pengurusan kewangan sampai kapan pasma akan mengandalkan dana sumbangan dari masyarakat?

Setahun rm50 apakah itu cukup apakah warga tidak keberatan apa tidak kasian sama ibu tua yang meniti rumah flat 4 tingkat untuk mengutip derma, disinilah MM memainkan peranan. Menurut informasi yang penulis terima pasma 3D mempunyai sejumlah dana hasil dari kutipan dari warga selama ini.

Secara pribadi penulis berpendapat alangkah baik nya pasma 3D mengelola dana tersebut dengan benar sebagai contoh seperti dibawah ini.

1 - Anjurkan format Liga sepak bola Pasma 3D dengan yuran pendaftaran dan hadiah di kondisikan.

2 - Adakan pertandingan Mobile game online PUGB, FREE FIRE, MOBILE LEGEND Selain pemuda di malaysia pemuda di kerinci juga boleh ikut serta yuran & hadiah di kondisikan

2 - Family day adakan pertandingan memancing untuk keluarga warga kerinci di malaysia yuran & hadiah di kondisikan.

Dengan adanya program seperti contoh di atas money management pasma terjaga serta akan terus berkembang dan sejalan dengan pendekatan organisasi untuk merangkul pemuda 3 desa.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.