Siaga karhutla, Empat titik panas terpantau di Sarolangun
Siaga karhutla, Empat titik panas terpantau di Sarolangun

Siaga karhutla, Empat titik panas terpantau di Sarolangun

Kilasharian. Com, Sarolangun - Kabupaten Sarolangun yang merupakan daerah penyumbang kebakaran hutan dan lahan (karhutla) pada  tahun 2019 lalu, potensi karhutla sangat di mungkinkan dalam situasi musim kemarau terjadi kembali, bahkan sepanjang  februari 2021 kabupaten Sarolangun terpantau terdapat empat titik panas melalui aplikasi pantau asap milik Polda jambi.

Apel kesiapan pencegahan dan penanggulangan  karhutla yang berlangsung Jum'at pagi di lapangan bhayangkara mapolsek kota Sarolangun, Kapolres beserta wakil bupati Sarolangun mengecek langsung persiapkan peralatan pemadam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam pengecekan, berbagai mesin dan peralatan pemadam api di perlihatkan oleh tim Manggala Agni, BPBD, pemadam kebakaran dan instansi terkait lainya yang setiap tahunya terjun langsung melakukan pemadaman api.

Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiono, menjelaskan jangan main main masyarakat maupun perusahaan melakukan pembakaran hutan dan lahan, Polda Jambi  telah meletakkan tiga titik satelit pemantau di wilayah hukum sarolangun dan siapa saja akan diketahui.

"Iya kita mendapat tiga titik satelit yang dilengkapi cctv pemantau dari Polda Jambi" sebut AKBP Sugeng Wahyudiono

Selain itu dijelaskan Kapolres Sarolangun AKBP Sugeng Wahyudiono, Sejauh ini kabupaten Sarolangun selama bulan februari 2021  terpantau sedikitnya terdapat 4 titik panas.

"Kita pantau pastinya selama Februari terdeteksi ada empat titik panas" kata Kapolres 

Sementara hilalatil Badri wakil bupati sarolangun menegaskan semua kades wajib mendata warganya yang memiliki lahan, terlebih membuka dan meluaskan lahan dengan cara membakar, bila didapatkan kades harus cepat dan sigap melakukan tindakan.

" Kita harap semua kades harus mendata warganya yang memiliki lahan,dan terus di beri pemahaman untuk tidak meluaskan lahan dengan cara membakar" sebut hilallatil badri

Dalam pengecekan tim satgas karhutla kabupaten Sarolangun akan melakukan pengecekan secara berkala, disetiap perusahaan perkebunan, memastikan setiap perusahaan memiliki peralatan pemadam kebakaran. (riy)

Baca juga:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.