Bertabur Prestasi, Sungai Penuh Kota Cerdas 2021 Terwujud. Berikut Deretan Penghargaan yang Diraih AJB - Zulhelmi
Bertabur Prestasi, Sungai Penuh Kota Cerdas 2021 Terwujud. Berikut Deretan Penghargaan yang Diraih AJB - Zulhelmi

Bertabur Prestasi, Sungai Penuh Kota Cerdas 2021 Terwujud. Berikut Deretan Penghargaan yang Diraih AJB - Zulhelmi

 

Kilasharian. Com, Sungai penuh - Pengakuan atas kinerja dan pencapaian yang berbungkus penghargaan, terus menghampiri Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) dari berbagai kementerian dan lembaga tingkat pusat.

Penghujung Tahun 2018 kemaren, sepertinya menjadi momen emas Kota Sungai penuh di bawah kepemimpinan Walikota AJB. Pasalnya, Kota Sungai Penuh bertabur prestasi sehingga membuat Sungai Penuh Kota Cerdas 2021 sudah terwujud.

#Sungai Penuh Diakui Sebagai Kota Cerdas di Indonesia#

           Masyarakat Kota Sungai Penuh patut berbangga. Betapa tidak, sebagai daerah pemekaran baru Bumi Sahalun Suhak Salatuh Bedil kini bisa mensejajarkan diri dengan daerah daerah maju lainnya di Nusantara.

Bersama sejumlah kota - kota besar dan populer di Indonesia, Kota Sungai Penuh dinobatkan sebagai pemenang IKCI (Indeks Kota Cerdas Indonesia) yang digelar koran terkemuka Harian Kompas.

Pencapaian besar ini, tidak terlepas dari kerja keras, komitmen dan kesungguhan Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) didukung jajaran pemkot Sungai Penuh dan warga masyarakat.

Kota Sungai penuh tampil sebagai pemenang IKCI 2018, kategori kota kecil bersama Kota Padang Panjang dan Kota Solok.

#Wako Terima penghargaan Kinerja & Pengelolaan APBD#

         Komitmen dan kesungguhan Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) dalam memperjuangkan kemajuan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di 8 (delapan) kecamatan dalam Kota Sungai penuh berbuah pengakuan dan penghargaan. Rabu (28/11/2018) lalu Walikota dua periode itu menerima penghargaan Indeks Kelola (Kinerja dan Efektivitas pengelolaan APBD) di Jakarta.

Indeks kelola adalah metode penilaian didasarkan keberhasilan suatu daerah dalam mengelola APBD sehingga berdampak langsung pada masyarakat.

Dimana dalam hal ini Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB) dinilai berhasil dan berprestasi dalam pembangunan bidang kesejahteraan masyarakat terbaik, menurunkan angka kemiskinan menjadi 2, 78 persen, disamping itu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat menjadi 73, 35 persen dan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) tumbuh 6,24 persen.

#Wako AJB Raih Penghargaan Menteri Desa, PDT & Transmigrasi#

             Atas keberhasilan pembangunan Pedesaan, dimana Kota Sungai Penuh yang diwakili Desa Aur Duri Kecamatan Pondok Tinggi ditetapkan sebagai salah satu Desa Terbaik di 33 Provinsi di Indonesia berdasarkan pengukuran IDM (Indeks Desa Membangun). Pada Kamis (29/11/2018) lalu, Walikota AJB menerima penghargaan dari Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi RI,

Penghargaan Desa Terbaik diserahkan Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Eko Putra Sandjojo, pada acara Simposium Desa Menjemput Asa dan Deklarasi Program Literasi Desa, program Desa Bebas Narkoba dan peluncuran majalah Wanua di Hotel Sultan Jakarta. Keberhasilan Kota Sungai Penuh yang diwakili Desa Aur Duri, mewakili Provinsi Jambi disambut penuh rasa syukur oleh Walikota AJB.

#Raih Penghargaan Kota Peduli HAM#

            Prestasi diberbagai bidang terus diukir Pemerintah Kota Sungai Penuh dibawah kepemimpinan Walikota H. Asafri Jaya Bakri (AJB). Dimana, Wako AJB diberikan penghargaan oleh pemerintah pusat atas prestasi dibidang Hak Azasi Manusia (HAM).

Dimana, Walikota dua periode tersebut menerima Penghargaan Kota Sungai Penuh sebagai Kota Peduli Hak Asasi Manusia. Penghargaan diserahkan Menteri Hukum dan HAM RI , Yasonna H Laoli , pada acara Peringatan Hari Hak Asasi Manusia di Kementerian Hukum dan HAM RI di Jakarta, Selasa (11/12).

"Kita bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan sebagai Kota Peduli Hak Azasi Manusia yang diberikan kepada kota Sungai Penuh, semoga penghargaan ini menjadi pemicu dan pemacu prestasi di bidang lainnya," ujar Wako AJB.

#Wako AJB Terima Sertifikat Dari Ristekdikti#

             Wako dua periode itu menerima sertifikat dari Kemenristekdikti RI, atas prestasi Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota dengan kinerja utama dalam penguatan SIDA Tahun 2018, berdasarkan keputusan Direktur Jenderal kelembagaan Iptek dan Dikti No. 2671/C/KEP/ X/2018.

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, Ir. Pardono Suwignjo. M. Eng., Sc. Ph. D, pada acara Apresiasi Lembaga penelitian dan pengembangan di ICE BSD Serpong, Kamis (13/12).

"Pencapaian ini kita harapkan dapat mendorong seluruh jajaran pemkot Sungai penuh untuk melahirkan prestasi demi kemajuan kota Sungai Penuh yang kita cintai, " ujar Wako AJB didampingi kepala Balitbangda, Edi Juarsa, usai menerima sertifikat.

#Kesehatan Masyarakat Sungai Penuh Kini Terjamin#

            Pemerintah Kota Sungai Penuh melalui Dinas Kesehatan menandatangani MoU kerjasama dengan Badan Penyelengaraan Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) Cabang Muara Bungo. Penandatanganan MoU dirangkaikan dengan Peluncuran Universal Health Coverace (UHC) Kepersertaan JKN - KIS Kota Sungai Penuh.

Mou kerjasama tersebut, ditandatangani oleh Kepala BPJS Cabang Bungo dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh yang disaksikan langsung Walikota Sungai Penuh H. Asafri Jaya Bakri(AJB).

Wako AJB mengatakan penyelengaraan Mou kerjasama Pemkot dengan BPJS Kesehatan, merupakan perwujudan komitmen dari pemerintah kota Sungai Penuh dalam rangka memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat kota Sungai Penuh. Pada kesempatan tersebut, Wako dua periode itu juga menerima piagam penghargaan atas komitmennya untuk mewujudkan Universal Health Coverace yang diserahkan oleh Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumatra Bagian Tengah.

#Walikota AJB Beri Pencerahan Inovasi Desa Bagi Kades Se Provinsi Jambi#

 Keberhasilan Walikota H.Asafri Jaya Bakri (AJB) membangun dan memajukan Desa - desa di Kota Sungai Penuh menuai apresiasi dan pengakuan. Dibawah kepemimpinan Wako AJB, pemkot Sungai Penuh mampu meraih pencapaian Indeks Desa Membangun (IDM) 10 besar Nasional atas nama desa Aur Duri, 4 Desa Mandiri dan 4 Desa Maju.

Pencapaian tersebut menarik perhatian dan minat berbagai stake holder terkait untuk menimba ilmu dan berbagi pengalaman. Tak pelak, Wako AJB pun acap didaulat untuk memberikan pencerahan dan menyampaikan paparan terkait strategi membangun desa.

Seperti pada Rapat koordinasi (Rakor) Program Pembangunan dan pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Provinsi Jambi, di Jambi , Senin (17/12/2018) lalu. Wako AJB tampil sebagai Narasumber, memberikan motivasi dan pencerahan kepada para kepala desa se provinsi Jambi.

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.