Jemput Bola, Mobil Dukcapil Keliling Dikerahkan Ke Desa –Desa Untuk Layani Warga`
Jemput Bola, Mobil Dukcapil Keliling Dikerahkan Ke Desa –Desa Untuk Layani Warga`

Jemput Bola, Mobil Dukcapil Keliling Dikerahkan Ke Desa –Desa Untuk Layani Warga`

Kilasharian. Com,  Kerinci - Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kerinci Sudah melaunching mobil operasional keliling. Mobil ini untuk menjangkau warga yang ada di desa –desa untuk mengurus administrasi kependudukan sehingga mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Satu unit mobil keliling milik Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kerinci dikerahkan ke desa-desa untuk melayani warga mengurus administrasi  kependudukan. Ini merupakan program jemput bola agar semua warga dapat memiliki data kependudukan baik itu ktp, kk,akta kelahiran dan lain sebagainya.

Untuk turun ke desa-desa, Dinas Dukcapil Kerinci menjadwalkan pada hari sabtu dan minggu. Pemilihan desa itu sendiri tergantung kepada kesiapan desa. Sebelum turun ke desa-desa, petugas dukcapil keliling memberikan informasi kepada kepala desa agar mengumumkan kepada warganya.

Apabila sudah diberi tahu maka, mobil dukcapil keliling langsung turun ke desa itu. Menurut keterangan Kabid Pelayanan Dan Pendaftaran Kependudukan Dukcapil Kerinci Zulkismi bahwa desa tetangga juga boleh ikut mengurus data kependudukan apabila warga yang ada di desa itu sudah selesai. Pihaknya memprioritaskan kepada desa yang tertuju.

“Mobil keliling ini baru bisa melayani masyarakat ke desa –desa pada tanggal 25 september 2020 dikarenakan Bupati Kerinci sudah mengizinkan melalui nota dinas yang diajukan oleh dukcapil kerinci. Dengan catatan baik petugas maupun masyarakat yang dilayani harus mematuhi protokol kesehatan,” Kata Zulkismi Ketika ditemui di ruang Kerjanya.

Sampai saat ini baru dua kecamatan yang sudah dilayani yaitu Kecamatan  Air Hangat dan Kayu Aro Barat.  Kedepannya, seluruh kecamatan akan dilayani dengan mobil pelayanan keliling sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dukcapil kerinci dan hasil koordinasi dengan kecamatan yang akan dituju.

Disamping itu pula, melalui mobil keliling petugas Dukcapil Kerinci sembari melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kartu identitas anak. Mobil keliling ini juga bisa melayani pembuatan kartu indentitas anak ini. dijelaskan Zulkismi banyak manfaat  dari kartu anak ini diantaranya mempermudahkan anak melakukan pendaftaran ke sekolah, pembuatan paspor anak, menerima beasiswa dan lain lain.

Sementara Pjs Sekretaris Dinas Dukcapil Kerinci Muaz Razi s menambahkan peduduk wajib KTP di Kabupaten Kerinci sebanyak 178.524 orang. dari data itu, sebanyak 176.883 orang yang sudah melakukan perekaman dan selebihnya sekitar 1.641 orang yang belum lakukan perekaman.

Muaz Razi menuturkan dengan bergeraknya mobil keliling ke desa-desa membantu warga bisa melakukan perekaman. Pihaknya tidak hanya menunggu saja di kantor malah turun ke lapangan dan jemput bola.

“Untuk perekaman baik di kantor maupun di lapangan mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan aturan dari pemerintah,” Katanya (Adv/dry)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.