Pemkab Kerinci Ekspor Perdana Kopi Arabika ke Belgia
Pemkab Kerinci Ekspor Perdana Kopi Arabika ke Belgia

Pemkab Kerinci Ekspor Perdana Kopi Arabika ke Belgia

Kilasharian. Com, Kerinci  - Dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan bilateral Indonesia Belgia, Kedutaan besar Belgia berkunjung ke Kabupaten Kerinci untuk meninjau potensi Kopi Arabika dan Kulit Kayu Manis Kerinci yang saat ini menjadi komoditi andalan Pemkab Kerinci, Minggu (13/10/2019).
Acara tersebut bertempat di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung Tujuh, kedutaan besar Belgia bersama sejumlah kementrian dan rombongan meninjau langsung proses pengolahan kopi Arabika Kerinci yang akan diekspor ke Belgia.
Bupati Kerinci, Adirozal secara resmi melepas truk yang berisikan 15 ton kopi Arabika untuk diekspor langsung ke Belgia.
Sebelumnya belgia telah mengirimkan tim untuk meneliti dan membina petani kopi Arabika Kerinci sebelum diekspor, karena negara – negara eropa memiliki kriteria tersendiri dalam memilih kopi Arabika. Sehingga kopi Arabika harus memenuhi standar, salah satunya pengolahannya harus cermat dan tidak dilakukan sembarangan.
Bupati Kerinci, Adirozal sangat berterima kasih kepada kedutaan besar Belgia yang telah memilih petani kopi Arabika Kerinci untuk dibina, sehingga mampu menghasilkan kopi arabika dengan kualitas terbaik yang layak untuk diekspor memenuhi kebutuhan kopi arabika di negara – negara Eropa.
“Kita berharap melalui ekspor perdana kopi Arabika Kerinci, nantinya para petani kopi Arabika Kerinci dapat lebih sejahtera dan memicu semangat petani kopi Arabika lainnya untuk lebih giat dan bisa menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik,” harap Bupati.
Sementara itu, kedutaan besar Belgia yang diwakili oleh sekretaris 1 kedutaan besar Belgia, Guillaume Goessens, menilai kopi arabika yang ada di sumatera khususnya di kabupaten kerinci memiliki kualitas yang bagus.
“Kopi Arabika Kerinci kualitasnya sangat bagus, maka untuk itu kita minta para petani kopi Arabika Kerinci untuk terus konsisten dalam mengolah kopi arabika menjadi produk yang baik,” ungkapnya.
Dalam ekspor perdana kopi Arabika Kerinci ke Belgia, Pemkab Kerinci mengirimkan sebanyak 15 ton kopi Arabika dan kedepannya jumlah ekspor tersebut akan terus bertambah seiring dengan peningkatan porduksi kopi Arabika Kerinci. (*/dry)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.