Penulis Mushaf Alquran Terpanjang di Dunia Tutup Usia
Penulis Mushaf Alquran Terpanjang di Dunia Tutup Usia

Penulis Mushaf Alquran Terpanjang di Dunia Tutup Usia


KILASHARIAN.COM, SUNGAI PENUH – Budayawan Propinsi Jambi asal kota sungai Penuh Iskandar Zakaria tutup usia di Rumah Sakit Umum Daerah Meyjen H A Thalib. Lelaki yang memiliki empat anak ini dikebumikan di pemakanan keluarga di belakang rumah almarhum.

Almarhum dikenal dikenal sebagai budayawan dan seniman kerinci yang terkemuka. Karya seninya mulai dari tari, kaligrafi, hingga musik. karya kaligrafinya bahkan pernah mendapatkan penghargaan dari museum rekor indonesia (muri) sebagai kaligrafi mushaf alquran terbesar. 

Mushaf tersebut dilukis di atas kain sutera sepanjang 1919 meter dengan teknik membatik. Perlu delapan tahun untuk membuat mushaf tersebut.  Alquran tersebut kini disimpan di museum bkmt di Bekasi.

Wafatnya kakek yang memiliki sembilan cucu ini membuat beberapa tokoh masyarakat Kota Sungai Penuh merasa kehilangan, Salah satunya tokoh masyarakat sekaligus Ketua MUI Kota Sungai Penuh Jasrial Zakir. Ia mengatakan  dedikasi pendiri sanggar Iluk Rupo ini terhadap seni dan budaya patut di ajung jempol. Bukan itu saja, pergaulan ditengah masayarakat sangat ramah dan suka bergaul.

“Almarhum juga sahabat saya, dan orangnya tidak banyak bicara. Dia (almarhum) fokus kepada pekerjaannya selaku budayawan. Berkat kerja keras beliau di bidang seni dan budaya banyak mendapatkan penghargaan, baik skala nasional maupun internasional,” katanya Sabtu (11/8) (dry)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.