Dinas Pendidikan Akan Terapkan Sehari Penuh Gunakan Bahasa  Kerinci Di Sekolah
Dinas Pendidikan Akan Terapkan Sehari Penuh Gunakan Bahasa  Kerinci Di Sekolah

Dinas Pendidikan Akan Terapkan Sehari Penuh Gunakan Bahasa Kerinci Di Sekolah


KILASHARIAN.COM, SUNGAI PENUH -  Dinas pendidikan kota sungai penuh akan menerapkan sehari penuh penggunaan bahasa kerinci di sekolah. Guru dan siswa harus menggunakan bahasa kerinci dalam proses belajar mengajar.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Sungai Penuh Hadiyandra mengatakan penggunaan bahasa kerinci ini akan diterapkan mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas yang ada di kota sungai penuh. Guru dan siswa boleh menggunakan bahasa kerinci yang berasal dari desa mereka masing-masing.
“Penggunaan bahasa kerinci mulai dari pukul 7.30 pagi sampai proses belajar mengajar usai. Diluar jadwal sekolah pun juga boleh,” kata Hadiyandra Jumat (23/8)  
Ia menjelaskan penerapan penggunaan bahasa kerinci ini akan dilakukan pada awal september 2018 nanti. Untuk hari nya akan dilakukan pada setiap rabu atau kamis. Pihaknya masih mencari hari yang cocok untuk penerapan ini.
Penerapan penggunaan bahasa kerinci ini didukung oleh kementerian pendidikan sebab berdasarkan penelitian bahasa kerinci tergolong bahasa daerah yang terancam punah. Ini karena hanya kalangan orangtua yang mampu menuturkannya.
Bahasa kerinci mempunyai dialek tersendiri yang berbeda dengan suku-suku yang ada di indonesia dan juga memiliki keunikan tersendiri. Menurut informasi kementerian pendidikan, hanya ada dua daerah di indonesia yang sangat perhatian dengan penggunaan bahasa daerah agar tidak punah/salah satunya Kota Sungai Penuh. (dry)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.