Sekda Budhi Hartono Hadiri Acara Pembukaan Tes Tertulis Adat Melayu Jambi Bakal Kepala Desa Gelombong ll Tahun 2023
 Sekda Budhi Hartono Hadiri Acara Pembukaan Tes Tertulis Adat Melayu Jambi Bakal Kepala Desa Gelombong ll Tahun 2023

Sekda Budhi Hartono Hadiri Acara Pembukaan Tes Tertulis Adat Melayu Jambi Bakal Kepala Desa Gelombong ll Tahun 2023

Kilasharian.Com, Muaro Jambi - Rabu 30-08-2023 Sekda Muaro Jambi Budhi hartono, menghadiri acara pembukaan tes Tertulis Adat Melayu Jambi Bakal Calon Kepala Desa  Gelombang ll Tahun 2023,yang bertempat Diruang pola Nang inang Kabupaten Muaro Jambi.

Yang meletakkan posisi desa sebagai desa yang mandiri dan otonom yang mana salah satu amanat undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa adalah pelaksanaan pemilihan kepala desa secara serentak dan dilaksanakan secara bergelombang.

Tahap awal dimulai sosialisasi, pembukaan pendaftaran sampai dengan penutupan pendaftaran pada tanggal 24 agustus 2023, dari 33 desa yang melaksanakan pilkades terdapat 93 bakal calon yang telah mendaftarkan diri dan terdapat 3 desa yaitu desa talang datar. desa mulya jaya dan desa sekumbung yang melakukan perpanjangan masa pembukaan pendaftaran dikarenakan bakal calon yang mendaftarkan diri kurang dari 2 orang.

Oleh sebab itu. Mari kita tingkatkan sosialisasi pencalonan kepala desa generasi pemimpin di setiap desa harus selalu tumbuh agar tujuan hadirnya pemerintah dalam menjalankan pelayanan kepada masyarakat dapat terwujud.

Selain persyaratan calon kepala desa yang diatur dalam undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa. terdapat 4 syarat tambahan yang Terangkum dalam peraturan daerah kabupaten muaro jambi yaitu.

1.bebas narkoba.

2.bisa baca Al quran bagi yang beragama islam.

3.tidak pernah melanggar 4 larangan berat adat dan lainnya.

4.mengikuti tes tertulis adat.

Khusus untuk pelaksanaan tes tertulis adat yang sedang kita laksanakan pada hari ini adalah bertujuan memberikan wawasan kepada seluruh bakal calon kepala desa terkait adat melayu jambi "Sailun salimbai"  kabupaten muaro jambi dan kepala desa selaku pemangku adat apabila terpilih nanti.katanya

Melalui kegiatan ini saya juga menghimbau kepada panitia pemilihan tingkat kabupaten.panitia kecamatan.BPD dan panitia desa serta lembaga adat melayu "Sailun Salimbai" kabupaten muaro jambi untuk bertanggung jawab menggiring seluruh tahapan sampai dengan selesai dengan mendapatkan netralintas dan integritas panitia sehingga terciptanya pelayanan pilkades yang bersih. toleran dengan menjaga nilai-nilai demokrasi demi menjaga keamanan dan ketertiban di desa masing-masing serta negeri "Sailun salimbai" kabupaten murah jambi  umumnya,harapanya.Adv.seyfiea

Baca juga:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.