Anwar Sadat Lakukan Audiensi dengan Bappenas RI Terkait Pembangunan Infrastuktur
Anwar Sadat Lakukan Audiensi dengan Bappenas RI Terkait Pembangunan Infrastuktur

Anwar Sadat Lakukan Audiensi dengan Bappenas RI Terkait Pembangunan Infrastuktur

Kilasharian.Com, Tanjabbar  -  Bupati Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar), Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag lakukan kunjungan ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI dalam rangka audiensi terkait pembangunan infrastruktur penghubung daerah perbatasan yang bersinergi dan berkelanjutan, antara Pemerintah Kabupaten Tanjabbar, bersama Tanjung Jabung Timur Tanjabtim Provinsi Jambi dan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Provinsi Riau, Rabu (22/02/23).

Audiensi usulan pembangunan bersama antara dua Provinsi dan tiga Kabupaten yang digelar di ruang rapat Sumatera Lantai 7 Kantor Menara Bappenas tersebut, turut diikuti oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bappeda, Kadis PUPR dan Sekretaris Bappeda serta hadir melalui zoom meeting diantaranya Direktorat Sumber Daya Air, Direktorat pangan pertanian dan Direktorat Pembangunan Daerah.

Bupati Tanjabbar, dalam paparan dan eksposnya menyampaikan bahwa dengan terealisasinya pembangunan konektifitas tersebut, dapat mengurangi permasalahan kemiskinan di Kabupaten Tanjabbar mau pun di Tanjabtim.

“Hal tersebut, dikarenakan  akan ada 19 Desa  yang terlintasi secara langsung  dengan jumlah penduduk 28.169 jiwa, atau sekitar 36 persen penduduk kategori  miskin Tanjabbar tinggal di lintasan jalan tersebut,” tutur Bupati Tanjabbar.

“Kami sangat yakin apabila konektivitas ini terbangun maka permasalahan kemiskinan dapat ditekan, karena disamping arus barang, aktivitas ekonomi dapat berjalan dengan baik,” terang AnwarSadat.

“Sebab daerah lintasan jalur konektivitas merupakan sentra pertanian dan perkebunan masyarakat seperti sentra pinang, kelapa dalam, padi  dan sebagian kelapa sawit, begitu juga dengan UMKM masyarakat,” tambahnya.

Bupati berharap, melalui kegiatan audiensi tersebut, rencana pembangunan konektivitas Provinsi Jambi menuju Provinsi Riau, melalui Kabupaten Tanjabtim, Tanjabbar menuju Kabupaten Inhil ini dapat menjadi salah satu isu prioritas pembangunan RPJMN 2024-2029.

Sementara itu Kepala Bappeda Tanjabbar, Dr. Katamso, SA, SE, ME menambahkan, saat ini infrastruktur jalan dan jembatan ini belum terhubung karena terhalang hutan produksi dan sungai pengabuan.

Dirinya menyebutkan Pemerintah Provinsi Jambi sudah mengucurkan dana untuk pembangunan jalan Provinsi di daerah lintasan tersebut. Hal serupa juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Tanjabbar dengan menganggarkan pembangunan di Kecamatan Seberang Kota  melalui APBD tahun 2022 dan APBD 2023.

“Saat ini Pemerintah Provinsi sedang melaksanakan pengumpulan data yang diperlukan untuk mengusulkan rencana jalan konektivitas tersebut terutama terkait data dukung ekonomi makro, komoditas unggulan, data kelompok tani dan UMKM,” sambungnya.

Sementara itu Fidelia silvana Koordinator sumatera 2 Kementerian Bappenas RI menyampaikan dirinya sangat menyambut baik adanya audiensi pembangunan konektivitas antara Kabupaten Tanjabbar dan Kabupaten Tanjabtim Provinsi Jambi serta Kabupaten Inhil Provinsi Riau. Dirinya berharap nantinya pembangunan konektivitas ini segera terealisasi agar memperlancar arus transportasi dan meningkatkan pendistribusian barang serta jasa di masing-masing daerah.  (*/Ina )

Baca juga:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.