Bupati Adirozal Serahkan Kartu Tani Sekaligus Sosialisasi KUR dan AUTR
Bupati Adirozal Serahkan Kartu Tani Sekaligus Sosialisasi KUR dan AUTR

Bupati Adirozal Serahkan Kartu Tani Sekaligus Sosialisasi KUR dan AUTR

23 Ribu Petani Kerinci Dapatkan Kartu Tani 
Kilasharian. Com,  Kerinci  - Bertempat di ruang pola, Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal, M.Si bersama Wakil Bupati Ir. H. Ami Taher dan  Kadis Tanaman Pangan dan holtikultura Radium Khalis menghadiri acara Penyerahan Kartu Tani dan Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR), serta Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTR). Rabu (11/3/2020).

Selain itu juga dihadiri oleh Pimpinan Perusahaan Petrokimia Provinsi Jambi, Asisten, SKPD, Penyuluh Pertanian, dan Kelompok Tani di Kabupaten Kerinci.
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kerinci Radium Khalis mengatakan, kartu tani ini  mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi di kios pupuk yang telah ditentukan. Selain itu juga,  mempermudah dalam pengawasan penyaluran pupuk bersubsidi.

"Program ini akan disosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat oleh petugas kita di setiap kecamatan secara teknis, tentang kriteria dan persyaratan penerima. Pada tahun 2020 ini terdapat 23.000 petani yang tergabung dalam kelompok tani mendapatkan kartu tani ini, yang tersebar di setiap kecamatan dalam kabupaten Kerinci," kata Radium Khalis.

Sementara itu, Bupati Adirozal dalam sambutanya menyambut baik program nasional ini, karena 65 % masyarakat Kerinci adalah petani, selain mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi, kartu tani ini juga bisa membantu petani untuk mendapatkan pinjaman tambahan modal melalui Kredit Usaha Rakyat. Karena pada tahun 2020 ini Pemerintah telah menganggarkan Rp. 17 Miliar.

"Nantinya bagi petani yang mendapat kartu tani, juga bisa mengajukan pinjaman ke perbankan yang telah bekerjasama dengan pemkab, tanpa adanya anggunan (jaminan) karena telah di jamin oleh pemerintah dengan jumlah di bawah Rp. 50 juta," ungkap Adirozal.

Selain itu, ditambahkan Bupati Adirozal dengan adanya Asuransi ini para petani tidak perlu merasa was-was lagi adanya kode alam seperti gagal panen, karena ada klaim yang harus diberikan oleh ansuransi.

"Kita di kabupaten Kerinci punya potensi gagal panen, bukan karena kesalahan dari petani, tetapi akibat faktor alam, seperti bencana dan virus hama. Maka untuk itu sangat penting petani ikut mengansuransikan tanamannya," tutur Bupati.

Bupati dua periode ini juga menghimbau kepada petani yang menerima kartu tani untuk dapat menggunakan kartu taninya dengan sebaik mungkin. (*/dry)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.