Dinas TPH Kerinci Bagikan Kartu Tani Kepada Petani
Dinas TPH Kerinci Bagikan Kartu Tani Kepada Petani

Dinas TPH Kerinci Bagikan Kartu Tani Kepada Petani

Mempermudah Petani Mendapatkan Pupuk Bersubsidi.

Kilasharian. Com,  Kerinci -Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci memiliki terobosan baru bagi petani. Untuk mempermudah para petani Kerinci mendapatkan pupuk bersubsidi, Dinas PTH mengeluarkan kartu tani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci Radium Khalid mengatakan kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan terintegrasi yang berfungsi sebagai simpanan, transaksi, dan penyaluran pinjaman hingga kartu subsidi (e-wallet). 

keunggulan dari Kartu Tani ini antara lain single entry data, proses validasi berjenjang secara online, transparan dan multifungsi, dengan ketersediaan data yang lengkap dan akurat dalam Kartu Tani digunakan untuk yang pertama sebagai dasar penyusunan kebijakan bagi Kementerian Pertanian.  

Selain itu, lanjut Kepala Dinas TPH Kerinci, kartu tani juga sebagai tranparansi penyaluran dana subsidi melalui sistem perbankan bagi Kementerian Keuangan dan bisa mengakuratkan data kebutuhan pupuk sampai tingkat pengecer bagi Pupuk Indonesia. Sedangkan bagi Bulog dapat memproyeksikan potensi panen di suatu daerah melalui data pupuk subsidi yang disalurkan, sehingga dapat segera menyerap hasil panennya, menerima dana secara utuh dan membeli pupuk subsidi sesuai kuota yang diberikan bagi petani. 

"Sedangkan keunggulan kelima, bagi dinas pertanian dapat mengetahui produktifitas lahan suatu daerah. Kartu Tani  diharapkan menjadi era baru untuk mensejahterakan petani Indonesia terutama di Kabupaten Kerinci," jelasnya. 

Menurut Radium Khalis belum lama ini pihaknya baru membagikan beberapa kartu tani untuk petani di Kerinci. "Kemarin kita serahkan secara simbolis ke sejumlah petani, untuk tahap pertama sebanyak 9000 kartu tani, nanti akan ada tahap kedua," katanya. 

Untuk tahap kedua nanti, lanjut Radium Khalis, akan diserahkan oleh Pemerintah Kabupaten Kerinci yakni Bupati Kerinci Adirozal kepada petani yang ada di 16 Kecamatan di Kerinci. "Diperkirakan 30.000 petani sudah kita daftarkan untuk kartu tani, dan jumlah ini akan bertambah terus," ungkapnya. 

Radium Khalis berharap dengan adanya kartu ini, para petani Kerinci bisa mudah mendapatkan pupuk dan bibit pertanian. "Mudah - mudah-mudahan kualitas produksi pertanian di Kerinci bisa lebih baik lagi dan bisa meningkat lagi," jelasnya. 

Sementara itu, menurut admin Kartu Tani Kabupaten Kerinci, Admi Munis bahwa saat ini entri kartu tani terus dilakukan setiap tanggal 20 sampai 25 setiap bulannya. "Saat ini sudah lebih 30.000 data terinput di sistem dan angka tersebut diperkirakan akan terus bertambah," sebutnya. 

Saltoni salah seorang Petani Kerinci yang menerima kartu tani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kerinci yang telah membantu mempermudah para petani di Kerinci untuk mendapatkan pupuk dan bibit pertanian. "Mudah-mudahan dengan adanya kartu ini hasil pertanian Kerinci bisa meningkat lagi," katanya singkat. (*/dry) 

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.