Bupati Kerinci Adirozal Goro Bersama Warga Bersihkan Selokan
 Bupati Kerinci Adirozal Goro Bersama Warga Bersihkan Selokan

Bupati Kerinci Adirozal Goro Bersama Warga Bersihkan Selokan

Kilasharian. Com, Kerinci - Bupati Kerinci Dr. H. Adirozal melaksanakan kerja bakti bersama warga, Kepala Desa (Kades) dan Perangkat Desa membersihkan selokan di desa Baru Siulak hingga desa Telaga Biru kecamatan Siulak, Minggu (14/7/2019) pagi.
Bupati Adirozal mengungkapkan permasalahan sampah memang menjadi persoalan di setiap daerah, karena masyarakat sudah terbiasa membuang sampah sembarangan dan menyerahkan persoalan ini kepada pemerintah. Untuk mengubah kebiasan tersebut bukanlah perkara yang mudah butuh proses panjang.
“Persoalan kebersihan tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja, namun itu juga harus menjadi tanggungjawab individu yang berpotensi memproduksi sampah,” ungkap Adirozal.
Bupati dua periode ini menuturkan, untuk mengembalikan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan tersebut, dirinya sengaja terjun langsung ke tengah-tengah masyarakat melakukan gotong royong bersama dan sekaligus untuk memberikan contoh kepada masyarakat luas.
“Jalan kita sudah mulus, tapi gotnya banyak yang berisi sampah. Hal ini tidak bisa kita biarkan saja, dan kita harapkan semua elemen masyarakat memiliki tanggungjawab moral untuk menjaga kebersihan,” tutur Adirozal.
Bupati juga berharap, persepsi masyarakat yang saat ini terlalu mengandalkan pemerintah untuk menjaga kebersihan lingkungan, bisa berubah dengan menyadari bahwa persoalan kebersihan harus menjadi tanggungjawab bersama.
“Mari semua unsur masyarakat ikut berkontribusi meningkatkan kebersihan lingkungan, jika lingkungan kita bersih masyarakat akan sehat dan kesejahteraan akan meningkat,” harap Bupati.
Adirozal juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.
“Kita minta Seluruh Kades menganggarkan Dana Desa (DD) untuk bak kontainer dan motor roda tiga untuk pembuangan sampah,” pinta Mantan Wakil Walikota Padang Panjang.
Bupati Kerinci Adirozal juga memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Kerinci untuk berupaya membangun box culvert yang tepat atau sesuai dimana air tersumbat di desa tersebut. (dry)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.