Puluhan Pasangan Sudah Menikah (muntan) Diarak Keliling Kampung
Puluhan Pasangan Sudah Menikah (muntan) Diarak Keliling Kampung

Puluhan Pasangan Sudah Menikah (muntan) Diarak Keliling Kampung

KilasHarian.com, kerinci – Puluhan pasangan sudah menikah diarak keliling kampung. Arak-arakan pasangan sudah menikah ini merupakan serangkaian tradisi Sko yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Semerap Kecamatan Keliling Danau.

Pasangan ini diarak mulai dari lapangan makam leluhur hingga ke rumah pemangku adat tempat disimpan benda pusaka. Menurut keterangan warga Semerap Daman Huri mengatakan mereka yang sudah menikah baik secara agama maupun negera harus mengikuti ngarak muntan ini sekali saja.

“jika belum mengikuti tradisi ngarak muntan ini, maka belum diakui oleh tokoh adat disana atau belum terdaftar,” Kata Daman Huri.

ngarak muntan diikuti oleh 31 pasangan, arak-arakan ini dipimpin oleh tokoh adat setempat diikuti oleh pasangan muntan tersebut dan warga.

pada tradisi ngarak ini, pasangan laki-laki memakai pakaian melayu sedangkan perempuan mengenakan pakaian kebaya berwarna putih dengan membawa sekapur sirih ditangannya. Dalam sekapur sirih tersebut terdapat sirih, gambir, pinang, kapur dan lain sebagainya.

Daman Huri menjelaskan bahwa tradisi sko ini dilakukan setiap tahunnya, di dalam tradisi ini termasuk ngarak muntan tersebut. Pasangan sudah nikah ini bersimpuh menandaikan mereka sudah mengikuti ngarak muntan ini.

Serangkaian tradisi sko ini berbagai kesenian ditampilkan seperti adanya pertunjukan silat.  Disamping itu pula, membersihkan pusako oleh tokoh adat setempat. Dalam tradisi ini warga setempat juga ikut partisipasi dengan masing-masing warga membawa lemang. (dry)

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.