Desa Ulu Air Wakili Sungai Penuh Ikuti Lomba Aku Hatinya PKK Tingkat Provinsi Jambi
Desa Ulu Air Wakili Sungai Penuh Ikuti Lomba Aku Hatinya PKK Tingkat Provinsi Jambi

Desa Ulu Air Wakili Sungai Penuh Ikuti Lomba Aku Hatinya PKK Tingkat Provinsi Jambi

Kilasharian. Com, Sungai Penuh – Desa Ulu Air, Kecamatan Kumun Debai, mewakili Kota Sungai Penuh mengikuti Lomba Aku Hatinya PKK tingkat Provinsi Jambi tahun 2021.

Setelah sebelumnya penilaian dilakukan melalui video yang dikirimkan oleh tim PKK Kota Sungai Penuh ke Tim Penilai Lomba TP PKK Provinsi Jambi. Maka kali ini dilakukan penilaian ke lapangan, di Desa Ulu Air, Kamis (23/12/2021).

Hadir pada kesempatan ini, Tim Penilai dari TP PKK Provinsi Jambi, mewakili Ketua TP PKK Kota Sungai Penuh, OPD terkait, Camat Kumun Debai beserta jajarannya, Forum Kades Kecamatan Kumun Debai, dan Kader PKK Desa Ulu Air.

Ketua TP PKK Desa Ulu Air, Efia Pusparina, menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak terutama kader PKK Desa Ulu Air, yang telah ikut berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan ini. Mudah-mudahan kedepannya Kader PKK Desa Ulu Air bisa terus menggerakkan kegiatan ini.

“Program Aku Hatinya PKK sangat bermanfaat sekali, karena dengan adanya program ini yang dulunya perkarangan rumah banyak yang kosong, saat ini sudah dimanfaatkan untuk menanam sayuran atau yang lainnya,” kata Ketua TP PKK Desa Ulu Air.

Dengan telah dimanfaatkannya perkarangan rumah oleh Kader PKK Desa Ulu Air, hendaknya bisa untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga dan akan mengurangi belanja rumah tangga.

“Dengan telah dimanfaatkannya perkarangan untuk menanam sayuran, maka warga tidak perlu lagi sering berbelanja kepasar. Karena sudah tercukupi dari hasil panen di perkarangan rumah masing-masing,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai yang juga Sekretaris TP PKK Provinsi Jambi, Syukma Bakti mengungkapkan Aku Hatinya PKK merupakan singkatan dari Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman, yang berarti suatu gerakan masyarakat untuk memanfaatkan halaman di sekitar atau pekarangan.

“Tujuannya agar terciptanya ketahanan pangan keluarga, terlebih di masa pandemi saat ini. Kita berharap semua rumah tangga bisa memanfaatkan halaman perkarangannya, sehingga tidak lagi membeli sayur-sayuran atau memelihara ayam, ikan dan yang lainnya,” jelas dia.

Sehingga akan terwujud Keluarga yang sejahtera, aman, damai dan jauh dari stunting.

“Apalagi ditengah pandemi Covid-19 saat, semua ketahanan pangan ada di rumah tangga, maka sangat kita tekankan semua rumah tangga bisa memanfaatkan halaman perkarangan rumahnya. Sehingga tidak lagi kesusahan, bermasalah dan gizi akan terpenuhi,” tutupnya.

Acara ini semarakkan oleh penampilan tarian Rangguk yang dilakukan oleh putri Ulu Air, dan pameran UMKM dari desa Ulu Air. Acara dilanjutkan dengan Tim Penilai keliling Desa Ulu Air melakukan peninjauan Kebun PKK dan pengecekan ke Sekretariat TP PKK Desa Ulu Air.(*/dry)

Baca juga:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.