Bupati Kerinci Adirozal Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI
Bupati Kerinci Adirozal Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Bupati Kerinci Adirozal Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI

Kilasharian.Com, Kerinci – Pemerintah Kabupaten Kerinci melaksanakan Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, di Lapangan Kantor Pemda Kerinci Bukit Tengah, Selasa (17/08/2021) pagi.

Mengenakan seragam kepala daerah, Bupati Kerinci Dr.H. Adirozal bertindak sebagai inspektur upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat kabupaten Kerinci.

Upacara HUT RI ke-76 digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tanpa dihadiri masyarakat banyak, karena digelar sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Bertindak sebagai komandan upacara Kapten Nasrul, sedangkan perwira upacara Kapten Raflus. Sementara untuk petugas pengibar bendera merah putih Pebrian Heza Wijaya dari SMAN 3 Kerinci, Gusti Apriadiko dari SMAN 3 Kerinci, dan Alif Pamildi dari MAN 2 Kerinci. Meysha Pebrina dari MAN 1 Kerinci sebagai pembawa baki.

Tampak hadir Unsur Forkopimda beserta istri, Kapolres Kerinci AKBP Agung Wahyu Nugroho, Dandim 0417 Kerinci Letkol Inf Ikhsanudin, Ketua DPRD Edminuddin, Kajari Sungai Penuh Ristopo Sumedi, Ketua Pengadilan Agama Asrori Amin, Ketua TP PKK Hj Nailil Husna, Wakil Bupati Ami Taher, Pj Sekda Asraf, Asisten, Kepala OPD, Camat, dan Veteran. Sedangkam peserta upacara anggota Polri, TNI, ASN, Satpol PP, Dishub, Pemuda Pancasila dan Forum Kades.

Upacara diawali laporan inspektur upacara, mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Bupati Adirozal, Pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Edminuddin, Pembacaan Do’a oleh Kakan Kemenag Kerinci Pahrizal. Kemudian dilanjutkan pengibaran Bendera Merah Putih yang dibawakan pasukan Paskibraka yang diiringi lagu Indonesia Raya.

Bupati Kerinci, Adirozal seusai upacara mengatakan meskipun upacara pengibaran sang saka merah putih ini tidak seramai upacara kemerdekaan seperti waktu sebelumnya karena pandemi Covid-19, namun upacara tetap berlangsung khidmat. Upacara ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Semangat kemerdekaan harus terus bergelora khusus bagi generasi-generasi muda, perjuangan dan jasa para pahlawan harus terus dikenang, karena untuk memerdekakan bangsa Indonesia bukan lah hal yang mudah.

“Karenanya generasi-generasi muda harus tetap menjaga keutuhan bangsa. Generasi muda kita juga jangan lengah oleh waktu, harus ikut berjuang mempertahankan bagaimana negara ini dapat menjadi negara yang maju dengan SDM yang berkualitas ke depannya,” kata Bupati Adirozal.

“Pandemi Covid-19 hingga saat ini belum usai. Untuk itu seluruh masyarakat Kerinci untuk bersama berdoa agar masalah pandemi ini bisa segera terselesaikan. Sehingga masyarakat kita bisa kembali beraktivitas untuk membangkitkan ekonomi kita di daerah,” sambung Bupati Kerinci dua periode.

Untuk diketahui, selepas upacara tingkat Kabupaten, Bupati Adirozal bersama Forkopimda, Wabup, Pj Sekda Asraf langsung mengikuti upacara dan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI di Istana Negara secara virtual. (Adv)

Baca juga:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.