Bupati Adirozal Buka Rakor Sensus Penduduk Tahun 2020
Bupati Adirozal Buka Rakor Sensus Penduduk Tahun 2020

Bupati Adirozal Buka Rakor Sensus Penduduk Tahun 2020

Kilasharian. Com, Kerinci – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabuapaten Kerinci bersama dengan Pemerintah Kabupaten Kerinci gelar Rapat Koordinasi Sensus Penduduk tahun 2020 Senin (02/03).
Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kerinci dihadiri oleh Bupati Adirozal,Ketua DPRD Kabupaten Kerinci Edminudin,Dandim 0417 Kerinci,SOPD,Camat dan Kepala Desa dalam Kabupaten Kerinci.
Dalam sambutannya Bupati Kerinci Adirozal, memberikan apresiasi kepada BPS, karena sensus penduduk ini sangat penting bagi masyarakat Kerinci.
Dalam sensus penduduk nantinya terdapata 22 jenis pertanyaan yang harus dijawab oleh warga di Kabupaten Kerinci dengan mengirim data secara online ke BPS.
“Kita harapkan partisipasi warga Kabupaten Kerinci bisa mensukseskan program sensus penduduk ini,” ujar Bupati Kerinci, Adirozal.
Bupati Dua Periode ini juga minta kepada ASN di lingkungan Pemkab Kerinci untuk memberikan data sepenuhnya dan mengisi formulir selengkap – lengkapnya yang diberikan oleh petugas.
“Adapun kelemahan kita saat ini, ada warga yang meninggal tidak ada yang mengurus akta kematian, makanya data penduduk kita saat ini membengkak, dengan adanya sensus penduduk ini bisa membantu pendataan penduduk Kerinci,”ungkapnya.
Kepala BPS Kabupaten Kerinci Refia Hendrita, mengajak masyarakat untuk ikut terlibat dalam melaksanakan sensus penduduk secara mandiri yang dapat dilakukan secara online, dan menurutnya sensus penduduk online ini akan berjalan dengan sukses, jika kesadaran masyarakat untuk melakukan sensus secara mandiri juga tinggi.
“berdasarkan data terakhir, jumlah masyarakat yang telah melakukan sensus secara online baru mencapai 5 persen, tapi kita masih sangat rendah dari target yang telah ditentukan yakni 20 persen. Meskipun demikian kami optimis dapat mencapai target, karena masih ada waktu satu bulan untuk malakukan sensus penduduk secara online,” jelasnya
Ditambahkan Refia Hendrita, jika pada bulan Februari lalu pihaknya terfokus memberikan sosialisasi ke kecamatan, maka untuk bulan Maret ini pihaknya akan fokus memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada sekolah-sekolah, karena menurutnya anak usia sekolah lebih memahami penggunaan gedget,sehingga lebih mempermudah petugas untuk melakukan pendampingan.
“dalam proses pelaksanaan sensus penduduk online, kami terkendala dengan jaringan terutama untuk daerah-daerah yang jauh dari pusat ibukota, seperti di wilayah kecamatan Gunung Raya, Bukit Kerman, Batang Merangin dan kecamatan Gunung Tujuh,” tutupnya.(dry)

Baca juga:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.