Bakti Sosial Penyuluhan Kesehatan Pola Hidup Sehat Didampingi Oleh Satgas TMMD ke 104 di  Desa Sungai Ning
Bakti Sosial Penyuluhan Kesehatan Pola Hidup Sehat Didampingi Oleh Satgas TMMD ke 104 di  Desa Sungai Ning

Bakti Sosial Penyuluhan Kesehatan Pola Hidup Sehat Didampingi Oleh Satgas TMMD ke 104 di Desa Sungai Ning

Kilasharian. Com Sungai Penuh - Sungai Ning, Hidup bersih dan sehat sangat perlu dijaga serta dilestarikan dilingkungan apalagi dijaman-jaman seperti sekarang ini, dimana banyak pengaruh yang datang dari luar sehingga hal itu memudahkan terjadinya virus yang menyebarkan berbagai penyakit.

Hal itu disampaikan  Popy Juwita, S.Km Kasi Promkes Topik Pembahasan PHBS  Perilaku Hidup Bersih dan Sehat mengawali sambutanya saat membuka acara penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat.      
Berkaitan dengan Program TMMD Ke 104 yang mana Kodim 0417/Kerinci melaksanakan kegiatan non Fisik bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Sungai Penuh mengadakan penyuluhan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) yang diselenggarakan di Rumah Kadus Desa Sungai Ning Kec. Sungai Bungkal. Senin 4/3/2019
Kegiatan diikuti 30 orang antara lain Perangkat  Desa Berserta Isteri, BPD (badan permusyawaratan Desa), Kader Posyandu dan Pengurus  PKK  

Dari Dinas Kesehatan Popy Juwita, S.Km Kasi Promkes Magetan selaku pemberi materi menyampaikan pengertian PHBS (Perilaku Hidup Bersih Sehat) adalah sekumpulan perilaku yang dipraktekkan atas dasar kesadaran, sebagai hasil pembelajaran yang menjadikan seseorang atau keluarga dapat menolong diri sendiri di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesadaran masyarakatnya.  
  
Lebih lanjut disampeikan untuk mencapai taraf kesehatan bagi semua, maka paling sedikit yang harus tercakup dalam pelayanan kesehatan dasar adalah :
1. Pendidikan tentang masalah kesehatan umum, cara pencegahan dan pemberantasannya.
2. Peningkatan persediaan pangan dan kecukupan gizi.
3. Penyediaan air minum dan sanitasi dasar.
4. Pelayanan kesehatan ibu dan anak termasuk keluarga berencana.
5. Imunisasi.
6. Pengobatan dan pengadaan obat.

Oleh karena pelayanan kesehatan dasar merupakan kunci untuk mencapai derajat kesehatan yang layak bagi kesemuanya.

Diakhir acara Popy Juwita, S.Km Kasi Promkes mengharapkan dengan selesainya kegiatan penyuluhan ini masyarakat dapat semakin mengerti tentang artinya hidup sehat untuk diajarkan pada anak-anaknya suatu misal membuang sampah pada tempatnya, cuci tangan dengan air bersih sebelum makan, melatih anak untuk buang air besar/kecil ditempatnya, pemberian gizi yang memadai. (*/dry)

Baca juga:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.