Gaet Wisman, Agro Culture dan Jelajah Alam Jadi Andalan Wisata Desa Lempur
Gaet Wisman, Agro Culture dan Jelajah Alam Jadi Andalan Wisata Desa Lempur

Gaet Wisman, Agro Culture dan Jelajah Alam Jadi Andalan Wisata Desa Lempur


KilasHarian.com, Kerinci - Kearifan budaya masyarakat Kerinci menjadi daya tarik tersendiri bagi turis manca negara untuk berkunjung  ke kabupaten paling ujung barat Propinsi Jambi ini.

Hal inilah dimanfaatkan warga desa wisata lekuk 50 tumbi Lempur Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten kerinci.

Pemandu Wisata, Mhd Zaki mengatakan wisatawan manca negara sangat senang dengan kebudayaan masyarakat Kerinci. Makanya ketika disuguhkan cara bertani seperti menanam padi ke sawah, mereka antusias untuk mencobanya.

"Kita tawarkan kepada mereka agro culture seperti mencoba untuk menanam padi payo. Mereka sangat senang sekali," kata Zaki kepada KilasHarian.com, Minggu (3/9).

Bukan hanya cara menanam padi saja, proses penjemuran, penggilingan hingga proses menjadi nasi mereka ingin melihatnya.

Disamping itu pula, para wisman terutama dari Eropa sangat menyukai jelajah alam. Mereka sangat menyukai alam yang masih alami. Hal ini didapatkan mereka, ketika pihaknya menawarkan jelajah lima danau yang ada di desa wisata ini.

"Dalam jelajah ke lima danau ini, mereka bisa melihat alam liar di sekitar hutan. Kadang mereka bertemu dengan babi hutan dan binatang lainnya. Ini lah yang menarik bagi mereka," ujarnya.

Setidaknya dalam, tiga bulan ini ada 100 orang wisatawan dari mancanegara yang telah berkunjung di desa wisata lekuk 50 tumbi lumpur ini. 

Untuk kedepannya, pihaknya akan mengembang wisata hutan adat. Para wisman akan diajak untuk berjelajah di hutan ini sembari memberikan pemahaman manfaat dan fungsi hutan adat ini.

Fendri

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Media Siber adalah segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.